Breaking

Kamis, 04 Januari 2018

Mitos Pohon Kamboja

Di jaman modern saat ini tidak sedikit orang yang tidak mempercayai keberadaan makhluk tidak kasat mata. Namun tak jarang pula banyak yang mempercayai keberadaannya bahkan penasaran dengan cerita misteri yang beredar. Makhluk halus memang tidak terlihat, tetapi memang makhluk ini ada disekitar kita. Makhluk halus seperti ini tak jarang menampakkan diri atau memberikan pertanda yang jelas membuat bulu kuduk merinding. Nusakambangan yang menjadi tempat para napi, sering pula dikenal dengan pulau kematian. Semua disebabkan karena banyak eksekusi mati disana. Hal ini pula membuat banyak sekali kisah mistis Nusakambangan yang melekat bahkan tak dapat terpisahkan darinya. Banyak lokasi yang diklaim horor oleh warga sekitar, salah satunya sebuah pertelon atau pertigaan yang ada disana.



Dikawasan Jawa, pohon ini sangat identik dengan kesan horor, secara kamboja sering dijumpai dan hanya ditanam di kawasan pemakaman. Berbeda dengan Bali, disana kamboja sangat mudah ditemui, banyak orang menanamnya dipekarangan. Terkadang bunganya pun diselipkan ditelinga mereka. Bahkan bunga kamboja sering kali dijadikan bunga pelengkap acara adat. Hal tersebut tentunya sangat kontras dengan budaya Jawa. Masyarakat Jawa justru sering beranggapan bahwa pohon ini menjadi pohon pengundang makhluk tak kasat mata. Ada sebuah mitos Jawa yang mengisahkan asal mula pohon kamboja, dimana pohon ini berasal dari jelmaan seorang wanita yang ditinggal mati kekasihnya.

Usai kematian sang kekasih, dia hanya menangis dan menunggu didekat pusarannya. Hingga ajal menjemput, ditempat yang sering dijadikan sebagai tempatnya menangis dan menunggu sang kekasih tumbuhlah sebuah pohon kamboja mistis. Setiap hari pohon tersebut menggugurkan bunganya diatas pusaran yang ditinggalkan. Seiring berjalannya waktu kamboja dikenal menjadi pohon kesetiaan dan pohon kematian. Bunga kamboja memiliki bunga berwarna putih bermahkota kuning. Dan mitos yang berkembang siapa yang menemukan bunga dengan mahkota berjumlah empat atau enam konon dia akan mendapatkan rezeki dan keberuntungan.

Pertigaan Kamboja


Dipulau kematian ini terdapat sekitar tujuh lembaga pemasyarakatan atau lapas dengan lokasi berbeda-beda namun masih satu pulau. Ketika berada di Nusakambangan akan didominasi dengan hutan rimbun disekitar jalan yang menambah kesan seram. Dari Pos Kepolisian Sub Sektor Nusakambangan berjalan kearah barat sekitar 3 kilometer, disana kita akan menemukan pertigaan dengan nuansa mistis Nusakambangan yang amat horor terlebih lagi malam hari. Persis ditengah persimpangan jalan tersebut terdapat pohon kamboja yang besar, tegak dan terlihat tua. Cabang-cabangnya hampir tak berdaun menambah kesan mistis nan angker. Mengapa tempat ini begitu dianggap angker?

Dari cerita misteri yang berkembang disana, tempat ini menjadi tempat berkumpulnya para demit. Seperti mitos yang berkembang bahwa kamboja merupakan pohon pendatang makhluk halus. Banyak kesaksian mata berkata sering melihat kemunculan sosok wanita berpakaian putih berambut panjang, pria tanpa kepala adapula sosok orang biasa tengah duduk namun berwajah pucat. Didekat lokasi pertigaan tersebut terdapat lapas, para penghuni lapaspun sering mendapatkan pengalaman horor. Seperti kisah langkah kaki dimalam hari, suara tangisan seorang wanita serta jeritan minta tolong dari napi yang telah dihukum mati.

Baca Juga : Kisah Mistis Yang Tersembunyi di Pulau Kematian Nusa Kambangan
Sebenarnya kisah mistis Nusakambangan bukan hanya dilokasi pertigaan itu saja, masih banyak lagi lokasi lainnya yang juga tidak kalah menyeramkan. Apakah kalian berani menyambangi pulau kematian ini? Sebelum berkunjung kesana sebaiknya persiapkan mental terlebih dahulu untuk menguji nyali disetiap sudut Nusakambangan. 

Kredit : http://www.tanahnusantara.com/cerita-misteri-di-pulau-kematian-nusakambangan-bikin-kamu-susah-tidur/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox